Jadwal dan Niat Puasa Ayyamul Bidh Dzulqa'dah 2024: Sebanding Pahala Puasa 30 Hari

Oleh: Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Puasa Ayyamul Bidh atau yang biasa disebut puasa hari-hari putih dilaksanakan pada tanggal 13, 14, dan 15 Hijriah tiap bulannya.

Puasa ini disebut puasa Ayyamul Bidh karena tiga hari tersebut bertepatan dengan bulan yang bersinar terang sehingga malam tampak putih bercahaya.

Dikutip dari NU Online, puasa sunnah ini sangat dianjurkan sesuai hadits Nabi Muhammad saw, “Barang siapa yang berpuasa satu hari pada bulan-bulan yang dimuliakan (Dzulqa’dah, Dzulhijjah, Muharram, dan Rajab), maka ia akan mendapat pahala puasa 30 hari.”

Bertepatan dengan bulan Dzulqa'dah 1445 H yang bertepatan dengan bulan Mei 2024 M jangan sampai terlewat untuk menjalankan ibadah puasa Ayyamul Bidh mengingat keutamaan yang diperoleh.

Adapun jadwal puasa Ayyamul Bidh di bulan Mei 2024 berdasarkan SKB 3 Menteri RI, sebagai berikut:

- Puasa Ayyamul Bidh hari pertama: Rabu, 22 Mei 2024 (13 Zulkaidah 1445 H)
- Puasa Ayyamul Bidh hari kedua: Kamis, 23 Mei 2024 (14 Zulkaidah 1445 H)
- Puasa Ayyamul Bidh hari ketiga: Jumat, 24 Mei 2024 (15 Zulkaidah 1445 H)

Niat Puasa Ayyamul Bidh

نَوَيْتُ صَوْمَ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu sauma ayyaamal bidh sunnatan lillaahi ta'ala
Artinya: "Saya berniat melakukan puasa pada hari-hari putih, sunah karena Allah ta'ala."

Puasa sunnah pertengahan bulan ini begitu dijaga oleh Rasulullah. Bukti komitmen Rasulullah akan puasa tanggal 13, 14, dan 15 ini adalah beliau tidak pernah meninggalkannya dalam kondisi apapun, baik sedang di rumah maupun saat bepergian.

Seperti cerita Ibnu Abbas ra, "Rasulullah SAW tidak pernah berbuka pada hari-hari putih, baik beliau sedang di rumah atau dalam perjalanan." (HR. Nasa'i).

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS