Lulus Tanpa Biaya, Puluhan Warga PKBM Adhyaksa Tuban Ikut Ujian Kesetaraan

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com – Puluhan warga belajar pendidikan kesetaraan Paket C Program Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Adhyaksa Tuban, Sabtu (18/5/2024), menjalani ujian kesetaraan di SMAN 1 Kerek. 

Ujian ini merupakan bagian dari upaya mereka untuk mendapatkan ijazah setara SMA setelah menempuh pendidikan selama tiga tahun tanpa biaya sepeser pun.

Ujian akhir kompetensi yang diikuti berbasis komputer, meskipun fasilitas komputer di PKBM terbatas. Oleh karena itu, PKBM Adhyaksa Tuban harus meminjam laboratorium komputer dari SMAN 1 Kerek. 

Sebagian besar peserta ujian ini berusia di atas 21 tahun, sehingga mereka tidak mendapatkan bantuan dari pemerintah, dan lembaga pendidikan ini tidak memperoleh sumber dana dari siswa yang lebih tua.

Kepala PKBM Adhyaksa Tuban, Cipnal Muchlip M, S.E., M.M., menjelaskan bahwa ujian kesetaraan dilakukan mulai dari paket A (setara SD), paket B (setara SMP), hingga paket C (setara SMA). 

"Kalau ujian paket C sudah selesai, untuk paket B dan A akan dilakukan minggu depan. Kami harus meminjam laboratorium komputer karena fasilitas kami terbatas," ujarnya.

Dengan adanya lulusan baru ini, Cipnal berharap dapat meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kabupaten Tuban serta meningkatkan daya saing para lulusan. 

"Terima kasih kepada seluruh tutor yang telah berdedikasi tinggi dalam perjuangan ini. Semoga lulusan kami menjadi lebih baik dan bermanfaat dalam kehidupannya," harapnya.

Lulusan dari program ini diharapkan tidak hanya memperoleh ijazah, tetapi juga keterampilan dan pengetahuan yang dapat meningkatkan kualitas hidup mereka dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat sekitar. [Dwi/Ali]