Pengunjung Mandi di Air Terjun Putri Nglirip Tuban Viral di Medsos, Video Diambil Tahun 2023

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Sebuah video yang menunjukkan dua wisatawan perempuan sedang mandi di bawah Air Terjun Putri Nglirip, Desa Mulyoagung, Kecamatan Singgahan, Kabupaten Tuban, menjadi viral di media sosial. 

Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @himutiaaaaa dan telah menarik perhatian banyak netizen.

Dalam video yang viral itu, kedua wisatawan perempuan tampak mengabaikan larangan dari pengelola wisata yang melarang mandi di bawah air terjun. 

Petugas wisata kemudian menegur mereka hingga akhirnya kedua wisatawan tersebut naik ke atas dan meninggalkan lokasi.

Ketua Pokdarwis Air Terjun Putri Nglirip, Multazam Daut, mengonfirmasi bahwa lokasi dalam video tersebut adalah wisata Air Terjun Putri Nglirip. 

Menurutnya, video tersebut sebenarnya sudah diambil sekitar satu tahun lalu pada musim kemarau 2023, namun baru viral tiga hari yang lalu.

"Itu kejadiannya pada musim kemarau 2023, viralnya memang benar baru tiga hari yang lalu," jelas Multazam saat dikonfirmasi pada Sabtu, 18 Mei 2024.

Multazam juga menambahkan bahwa kedua wisatawan perempuan tersebut tampaknya bukan berasal dari dalam negeri. 

Hal ini diketahui saat petugas menegur mereka dan kedua wisatawan tersebut menjawab dengan bahasa asing, sementara seorang pemandu wisata yang menemani mereka menjelaskan situasi kepada petugas.

"Petugas wisata yang sigap segera memberikan teguran kepada mereka," tambah Multazam.

Selain memberikan teguran, petugas wisata juga sempat memberi pengertian kepada kedua wisatawan dan pemandu wisata bahwa kedalaman air di lokasi tersebut mencapai sekitar 30 meter dan sering terjadi insiden tenggelam.

Multazam mengimbau para wisatawan untuk mematuhi aturan dan larangan yang telah ditetapkan oleh pengelola wisata. Selain melalui lisan, pengelola juga telah memasang banyak tanda larangan berenang atau mandi di area tersebut untuk menjaga keselamatan para pengunjung. [Dwi/Ali]