77 Kasus Kebakaran di Tuban, Ada Empat Penyebab Utama

Reporter : Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Selama kurun waktu sepuluh bulan, petugas dari Satpol PP dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Tuban menangani setidaknya 77 Kasus kebakaran. 

Jumlah tersebut, agaknya lebih banyak jika dibandingkan dengan peristiwa kebakaran yang terjadi pada tahun 2022 kemarin.

Pasalnya, dari data yang dihimpun blokTuban.com dari Damkar Tuban, dengan rentang waktu yang sama, peristiwa kebakaran yang terjadi di Kabupaten pada tahun lalu mencapai 51 kasus. 

Kepala Bidang (Kabid) Damkar Kabupaten Tuban, Sutaji mengatakan jika pada bulan Oktober 2023 ini, terdapat delapan kasus kebakaran yang telah ditangani oleh pihaknya. 

"Bulan Oktober ini  ada delapan kebakaran yang terjadi mbak, kemarin Jumat saja dalam sehari ada empat kebakaran sekaligus," katanya kepada blokTuban.com, Minggu (29/10/2023). 

Adapun kasus kebakaran sendiri, didominasi oleh faktor yang berbeda-beda, mulai dari konsleting listrik, dapur, maupun membakar sampah secara sembarangan. 

Oleh karena itu, untuk mencegah peristiwa terjadinya kebakaran, ia menghimbau kepada masyarakat di Kabupaten Tuban, untuk segera melakukan upaya pencegahan kebakaran, dengan tidak memasang stop kontak pada satu titik sumber listrik, dan segera mengganti kabel listrik yang sudah tidak layak dipakai. [Sav/Ali]