Hamparan Pasir Luas Jadi Daya Tarik Pantai Klero Tuban

Reporter: Savira Wahda Sofyana

blokTuban.com - Menikmati hari libur dengan berkunjung ke suatu destinasi wisata merupakan salah satu rutinitas yang kerap dilakoni oleh sebagian orang pada saat akhir pekan. Tak heran, setiap akhir pekan beberapa wisata banyak dipadati wisatawan. 

Banyak masyarakat yang sering mencari informasi terkait keberadaan wisata baru di daerah yang akan dikunjungi. Di Kabupaten Tuban sendiri, saat ini banyak bermunculan wisata-wisata baru, yang dikelola oleh sekelompok masyarakat yang berada di sekitar wisata tersebut. Salah satunya wisata Pantai Klero Tuban

Wisata yang terletak di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban tersebut, saat ini dikelola oleh pemerintah desa setempat menjadi destinasi wisata yang epic untuk dikunjungi, guna menambah perekonomian masyarakat sekitar. 

Kepala Desa Gesikharjo, Sukarnoto mengatakan jika pesona yang disuguhkan di wisata yang baru dibuka pada akhir Bulan November 2023 kemarin, menyuguhkan hantaran pasir dan keindahan pantai yang luar biasa. 

"Yang ditonjolkan dari Pantai Klero ini adalah hamparan pasirnya untuk saat ini, sehingga wisatawan bisa bermain dihantaran pasirnya dengan leluasa," katanya kepada blokTuban.com, Minggu (3/12/2023). 

Selain itu, keunggulan lain dari wisata yang tak jauh dari Makam Asmoroqondi tersebut, juga terletak pada tempatnya yang strategis, yaitu dekat dengan jalan nasional. Sehingga masyarakat dengan mudah mengetahui keberadaan wisata ini. 

Bahkan, bagi masyarakat yang lelah karena perjalanan jauh, juga bisa memanfaatkan keberadaan pantai ini sebagai tempat istirahat sejenak. 

"Karena kita menang di tepi jalan raya, nanti bisa langsung melihat di sisi pantai. Jadi kita berharap nanti UMKM dan penjual-penjual makanan kita wadahi semua dan kita tarik ke selatan semua, sehingga wisatawan bisa langsung melihat ke laut," paparnya. 

Sementara salah seorang wisatawan, Rohman mengaku sering datang ke pantai ini, sebelum akhirnya dikelola oleh desa dan dijadikan sebagai destinasi wisata. 

Menurutnya, menghabiskan waktu di tempat ini pada saat sore hari sangat menyenangkan, lantaran suasananya yang sejuk dan asri, sehingga sangat cocok untuk sekedar menikmati keindahan alam. 

"Saya sudah sering mbak disini, memang disini suasananya nggak diragukan lagi. Semoga dengan dibuka sebagai wisata ada fasilitas yang diberikan, jadi bukan hanya warung-warung saja tapi juga spot foto dan sebagainya," imbuhnya. [Sav/Ali]