Niat Bakar Rumpun Bambu, Pria di Tuban Malah Terbakar Hingga Tewas

Reporter : Muhammad Nurkholis

blokTuban.com - Dengan kondisi gelap gulita puluhan masyarakat Desa Sumurgung, Kecamatan/ Kabupaten Tuban tampak memadati sebuah lahan persawahan setempat. 

Ternyata ketika didekati para warga, baik pria maupun wanita tersebut, tengah mengerumuni mayat pria bernama Solikin (53) warga Dusun Ngemplak, Desa Sumurgung, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, yang terbujur kaku di bawah pohon bambu (barongan) yang juga terbakar.

Dari informasi yang dihimpun blokTuban.com, bahwa kejadian ini bermula saat Solikin berniat menggarap sebuah lahan yang sudah bertahun-tahun tak tergarap. Ia kemudian melakukan bersih-bersih lahan tersebut, agar memudahkannya dalam menggarap lahan itu nantinya.

baca juga:

Kandang dan Rumah Terbakar di Tuban, Korban Alami Kerugian Puluhan Juta

“Pak Solikin baru mau menggarap, bahkan ia baru membersihkan lahan ini baru 3 hari,” ujar Harsono (43) warga sekitar. 

Namun petaka tak ada yang tau, pada hari ketiga pembersihan lahan, atau pada Minggu (12/11/2023) sekitar pukul 16.00 WIB, saat ia membersihkan ranting dan dedaunan tumbuhan bambu yang berada di pinggir lahan dengan cara dibakar. Ternyata hal tersebut malah merenggut nyawanya sendiri.

Adanya insiden ini, warga menduga sebelum Solikin meninggal dunia ia terlebih dahulu pingsan di area bambu yang terbakar.

“Kemungkinan pingsan dulu sebab dari informasinya Solikin ini juga memiliki riwayat penyakit,” imbuhnya.

baca juga:

77 Kasus Kebakaran di Tuban, Ada Empat Penyebab Utama

Bahkan awalnya warga tak menduga jika kebakaran barongan tersebut, menimbulkan korban jiwa. Sebab, saat itu warga yang mengetahui api tengah menjalar ke pohon bambu yang dekat dengan pemukiman.

Lantas berusaha memadamkan kebakaran tersebut, namun saat proses pemadaman selesai alangkah terkejutnya warga sekitar, ketika mengetahui terdapat jasad Solikin terbujur kaku di bawah pohon bambu. Dari kejadian ini, diketahui tubuh Solikin yang terbakar pada bagian kepala dan tangan.

Kepolisian yang mendapatkan laporan atas kejadian ini langsung melakukan evakuasi jenazah untuk kemudian dibawa ke RSUD Tuban, dan sampai saat ini pihak kepolisian belum memberikan keterangan resmi terkait kejadian ini.[Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten Berita Tuban menarik lainnya di GOOGLE NEWS