Langkah Berani IAI Al-Hikmah Tuban Menjadi Universitas Al-Hikmah Indonesia

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Universitas Al-Hikmah Indonesia resmi naik level menjadi universitas sesuai dengan Surat Keputusan Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 89 Tahun 2024. 

Pada Selasa, tanggal 30 April 2024, Universitas Al-Hikmah Indonesia menggelar acara Grand Launching dan Tasyakur sebagai bentuk syukur atas perubahan bentuk Institut Agama Islam Al-Hikmah Tuban menjadi Universitas Al-Hikmah Indonesia.

Acara ini diadakan di Aula lantai 3 Universitas Al-Hikmah Indonesia dan dihadiri oleh berbagai pihak penting, termasuk perwakilan dari Kementerian Agama RI, Pejabat Kabupaten Tuban dan Bojonegoro, Tokoh Agama, seluruh Rektor Kampus wilayah Tuban dan Bojonegoro, Kapolsek, Danramil Singgahan, serta undangan dari camat dan kepala sekolah di kecamatan Singgahan, Bangilan, Senori, Montong Parengan, Soko.

Acara ini dimulai dengan pembacaan Surat Keputusan Izin Perubahan Bentuk Institut menjadi Universitas Al-Hikmah Indonesia, yaitu KMA Nomor 89 Tahun 2024, serta pembacaan Surat Keputusan Ketua Yayasan Al-Hikmah Tuban Nomor: A.001/SK/YASMAH/3/2024 tentang Penetapan Logo dan Makna Lambang UAI.

Logo Universitas Al-Hikmah Indonesia memiliki makna yang mendalam, seperti burung garuda yang melambangkan kejayaan, kemenangan, kemakmuran, pertolongan, dan petunjuk Allah SWT, serta pulau Indonesia yang melambangkan sikap nasionalisme dan kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Tiga kubah dalam logo melambangkan tiga ilmu yang wajib dikaji dan diamalkan oleh seluruh civitas akademika UAI, yaitu ilmu Syariat (fiqh), ilmu Ma’rifat (tasawuf), dan ilmu Hakikat (tauhid). 

Kitab yang terbuka melambangkan sikap mental yang terbuka terhadap berbagai gagasan baru.

Acara Grand Launching ini juga menggelar Stadium General dengan tema “UAI Merawat Bangsa, Mencetak SDM Beradab, Berilmu, Berbudaya,” yang disampaikan oleh Dr. Thobib Al Asyhar, S.Ag., M.Si. dari Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia. 

Dr. Thobib menyampaikan pentingnya menjadikan perguruan tinggi sebagai episentrum peradaban, yang tidak hanya mencetak sarjana, tetapi juga membentuk peradaban dengan nilai-nilai keilmuan dan moralitas.

Acara ini juga dimeriahkan oleh penampilan mahasiswa pemenang juara tiga lomba menari tingkat nasional, yang menampilkan tari tradisional miyang sebagai identitas budaya Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Universitas Al-Hikmah Indonesia saat ini memiliki tiga fakultas dengan enam program studi, serta program pascasarjana dengan program studi Manajemen Pendidikan Islam. 

Informasi pendaftaran mahasiswa baru dapat diperoleh dengan menghubungi Ka. Unit PMB atau langsung ke kantor Biro Administrasi Umum Akademik dan Kemahasiswaan (BAUAK) Universitas Al-Hikmah Indonesia di Jl. PP. Al Hikmah 1-3 Binangun Singgahan Tuban. [Dwi/Ali]