Waspada Ulat Bergelantungan saat Lewat Hutan Jati

Reporter: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Perlu diwaspadai bagi pengguna jalan saat melintasi kawasan hutan jati, pasalnya saat ini banyak ulat bergelantungan dari atas pohon jati.

Musim penghujan, kawasan hutan jati akan memuntahkan ulat bulu. Meski tidak memiliki bulu lebat, dikhawatirkan jika terkena kulit akan mengakibatkan gatal-gatal.

Salah seorang pengguna jalan, Sawin (50) mengatakan, saat memasuki musim penghujan seperti ini ulat jati kerap muncul.

"Ulat-ulat ini habis makan daun jati yang ada dipucuk. Ketika sudah habis daunnya, ulat pada bergelantungan," terang Sawin.

Dari pantauan blokTuban.com, hutan jati yang terletak di kawasan perumahan karang indah timur, sejumlah warga pengguna jalan harus menarik rem mendadak saat melintasi kawasan ini. Bukan soal lain, lantaran ulat jati begitu masyarakat menyebutnya, banyak bergelantungan tepat di tengah jalan.

Seorang warga yang tengah melintas, Ria (23), terpaksa memilih putar balik karena melihat banyaknya ulat bergelantungan di tengah jalan.

"Tadi sempat ada dua ulat nempel di baju," terang gadis asal Desa Tegalagung, Kecamatan Semanding ini.

Sebagian besar pengguna jalan tidak menyangka akan dihadang segerombolan ulat di tengah jalan. Jika sebagian memilih putar arah, yang lain memilih menerobos ulat dengan memilih selah di bagian yang tidak terdapat gelantungan ulat jati. [dwi/rom]