Kumpulan Teks Doa Peringatan Hari Kartini 21 April 2024 pada Upacara Bendera

Oleh: Dwi Rahayu


bloktuban.com - Secara nasional setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini yang dikenal sebagai simbol emansipasi wanita.

Dilansir dari laman resmi kemdikbudristek, pemilihan tanggal 21 April sebagai Hari Kartini merujuk pada tanggal lahir RA Kartini yaitu 21 April 1879.

RA Kartini atau Raden Ajeng Kartini adalah sosok perempuan pertama yang memprakarsai perkumpulan dan memajukan pendidikan perempuan. Ia membangun sekolah kecil, organisasi perempuan, dan yang terpenting memajukan pendidikan perempuan.

Pada tanggal 2 Mei 1964, RA Kartini ditetapkan sebagai pahlawan Kemerdekaan Indonesia melalui keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 108 Tahun 1964. Peringatan ini bertujuan untuk mengenang perjuangan RA Kartini.

Jasanya memperjuangkan mansipasi perempuan tidak semata-mata berfokus pada kesetaraan antara hak laki-laki dan perempuan untuk mendapatkan kesempatan yang sama dalam beragam bidang. 

Makna sebenarnya dari emansipasi perempuan yaitu tentang bagaimana perempuan dapat berkembang dan maju dari waktu ke waktu tanpa menghilangkan jati dirinya.


Kumpulan Teks Doa Peringatan Hari Kartini

Berikut ini contoh-contoh teks peringatan Hari Kartini pada 21 April yang dapat dibaca di saat upacara bendera. Meski pada 21 April 2024 jatuh pada hari Minggu tidak ada salahnya memperingati di saat upacara bendera hari Senin esok harinya.

1. Teks Doa Hari Kartini

اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًايُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ , يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغَىْ لِجَلاَلِ وِجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِك اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ ,

Wahai Tuhan kami Yang Maha Kasih,

Kami yang hadir di sini , datang di depan Pintumu, menyampaikan puji, rasa Syukur dan terima kasih tak terbatas atas segala anugerah-Mu yang melimpah, dan segala nikmat-Mu yang tak terhitung.

Hari ini, 21 April 2024, semesta telah mendorong kami mengetuk pintu-Mu yang selalu terbuka bagi siapa saja yang datang dalam memperingati Hari Kartini.

Engkau telah ciptakan kami dengan tubuh, pikiran dan hati bahwa semua ciptaan-Mu adalah sama dihadapan-Mu. Engkau menganugerahi semua potensi-potensi kemanusiaan, akal budi, spiritualitas, hasrat jasmani dan energi tubuh dalam kadar yang relatif sama. Namun selalu ada sosok yang lebih berani untuk menyuarakan ketidakadilan di muka bumi ini.

Wahai Tuhan Yang Maha Kasih,

Duka lara perempuan dan anak-anak telah begitu panjang. Kami mohon hentikan kekerasan terhadap mereka dan siapa saja dari makhluk-Mu yang direndahkan dan disisihkan. Lepaskan segera derita panjang mereka . Bahagiakan mereka semua. Rengkuh mereka dalam Kasih dan Kelembutan-Mu. Bentangkan jalan bertabur cahaya.

Wahai Tuhan Yang Maha Adil,

Anugerahi para pemimpin bangsa kami kemampuan dan keberanian untuk menegakkan kebenaran dan keadilan di tengah-tengah rakyat mereka. Anugerahi mereka kepekaan terhadap orang-orang yang dihinakan dan dilukai.

Wahai Tuhan Yang Maha Sayang,

Anugerahi kami kemampuan dan kekuatan untuk membangun negeri kami, Indonesia, yang ramah, Indonesia yang damai, Indonesia yang bersatu, dan Indonesia yang di dalamnya tak ada lagi derita dan nestapa. Tak ada lagi hamba-hamba-Mu yang terluka.

Kabulkanlah doa kami ini,

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْـَٔاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

Aamiin ya Rabbal alamin.

2. Teks Doa Hari Kartini

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

اَلْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًايُوَافِى نِعَمَهُ وَيُكَافِئُ مَزِيْدَهُ , يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغَىْ لِجَلاَلِ وِجْهِكَ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِك اَللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِ سَيِّدِنَامُحَمَّدٍ ,

Bismillahirrahmanirrahim

Alhamdulillahirabbil Alamin, Hamdan yuwaafii ni'amahu wa yukafii maziidah, yaa rabbanaa lakal hamdu kamaa yanbaghi lijalaali wajhika wa azhiimi sulthaanik. Allahumma shalli wa sallim 'ala sayyidina Muhammadin wa'alaa aalii sayyidina Muhammadin.

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang, segala puji bagi Allah, Tuhan semesta alam.

Ya Allah Yang Maha Mendengar,

Hari ini kami bersyukur dapat memperingati Hari Kartini. Hari di mana kami mengingat akan perjuangan Ibu Kartini dalam membela hak-hak kaum wanita.

Ingatkanlah kami juga, agar kami pun sebagai wanita tidak melupakan apa yang menjadi kewajiban kami. Agar kami tetap dapat berperan sebagai istri yang baik bagi suami kami, dan ibu yang baik bagi anak-anak.

Bimbinglah kami, agar kami dapat membagi waktu dan menempatkan segala sesuatu dengan benar sesuai yang Engkau ridhoi.

Ya Allah ya Tuhan kami,

Berikanlah kami rizki yang melimpah, halal, lagi baik. Jadikanlah negeri kami negeri yang penuh berkah, gemah ripah loh jinawi.

Ya Tuhan yang Maha Pengampun,

Ampunilah kesalahan kami, kesalahan para pemimpin bangsa ini, kesalahan para pendahulu kami, kesalahan para pahlawan pejuang, khususnya pembela kaum perempuan.

Ya Alloh Yang Maha Bijaksana, Tunjukkanlah kepada kami, bahwa yang benar itu adalah benar sehingga kami dapat melaksanakannya, dan tunjukkanlah bahwa yang salah itu adalah salah, sehingga kami dapat menghindarinya.

Ya Allah, Tuhan kami,

Terimalah amal perbuatan baik kami, dan terimalah doa kami.

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْـَٔاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

Ya Tuhan, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, serta selamatkanlah kami dari siksa neraka.

Aamin.

3. Teks Doa Hari Kartini
Assalamu'alaikum wr wb

Bismillahirrahmanirrahim,

Alhamdulillahirabbil alamin hamdan syakirin, Hamdannaaimiin hamdayuapiniaamahuwayukaafi maziidah ,Kama yambijalaaliwajhikariim waajimii sulthoniq. Allohumma sholli 'alaa sayyidinaa Muhammad, wa 'alaa aali sayyidinaa Muhammad

Ya Allah yang Maha Rahman dan Maha Rahiim. Segala puji dan syukur bagi-Mu, karena dengan ridho dan pertolongan-Mu pada hari ini kami bisa bersama-sama memperingati hari Kartini, jadikanlah peringatan hari Kartini ini sebagai inspirasi bagi kami untuk senantiasa memperbaiki diri, menjaga keteguhan dan keikhlasan dalam menjalankan tugas dan pengabdian kami bagi kemajuan dan kemuliaan negeri tercinta ini.

Ya Allah Tuhan yang Maha Bijaksana dan mengabulkan segala pinta,

Berikanlah kami para wanita di negeri ini kekuatan lahir dan ban dalam mengabdi untuk bangsa ini, juga sebagai wanita karier & ibu yang selalu mendidik dan membimbing putra putri kami agar senantiasa bersemangat menuntut ilmu, menjadi pribadi yang jujur, tawadhu', amanah dan senantiasa beribadah kepadaMu.

Ya Allah tempat kami memanjatkan segala pengharapan,

Jadikanlah putra putri kami anak-anak yang sholeh dan sholikhah, yang dalam setiap langkahnya senantiasa memancarkan bur bur keimanan dan kerendahan hati, bukalah pintu hanya dalam menerima kebaikan dan kebenaranMu, mudahkanlah dalam meraih segala cita-cita yang mulia menjadi orang-orang yang berguna bagi nusa bangsa dan agama dan selalu berbakti kepada kedua orang tua.

Ya Allah ampunilah dosa kami dan dosa kedua orang tua kami dan sayangilah mereka sebagaimana mereka menyayangi kami di waktu kecil.Tunjukkanlah kepada kami bahwa yang benar itu benar dan berikanlah kekuatan kepada kami untuk mengikutinya, serta tunjukkanlah bahwa yang salah itu salah dan berilah kekuatan kepada kami untuk menjaganya.

Robbana atina fiddunya hasanah wafil akhirati hasanah waqina 'adzabannar. Walhamdu lillahi robbil 'aalamiin

Wassalamu'alaikum wr wb.

4. Teks Doa Hari Kartini
Assalamualaikum warah matullahi wabarakatu,

بِسْمِ اللّٰهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ، اَلْحَمْدُ للّٰهِ رَبِّ العَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلَامُ عَلىَ اَشْرَفِ اْللأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ سَيِّدِناَ وَمَوْلٰنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اٰلِهِ وَصَحْبِهِ اَجْمَعِيْنَ، اَمَّا بَعْدُ.

Allahumma yaa Allah, ya Tuhan kami,

Kami agungkan segala asma kebesaran-Mu, karena Engkau zat yang mulia.

Kami tadahkan tangan kehadirat-Mu, karena Engkau adalah zat yang maha mengabulkan segala permohonan hamba-Mu.

Yaa Allahu, yaa Robbi.

Dengan mengucapkan segala puji serta syukur kehadirat-Mu atas segala rahmat dan karunia-Mu yang telah Engkau limpahkan kepada kami, saat ini kami hadir untuk memperingati hari kartini yang ke ... di ....

Yaa Allah, yaa Rahman, yaa Rahiim.


Jadikanlah acara yang kami laksanakan ini adalah sesuatu yang Engkau ridhai, yang membawa rahmat, barokah,dan hidayah-Mu.

Yaa Allah Yaa Rahiim.

Jadikanlah peringatan hari kartini yang kami laksanakan ini, sebagai momentum bagi kami untuk dapat menyatukan isi dan persepsi kami, terutama bagi kaum (wanita dalam berperan serta untuk melaksanakan segala pembangunan bangsa, negara dan daerah kami. Sehingga terwujudnya masyarakat yang sejahtera, aman dan damai.

Yaa Allah Yaa Rahman Yaa Rahiim.

Tanamkanlah sifat rahman dan rahim-Mu kepada kami semua. Tetapkanlah rasa tasamuh, persatuan dan kesatuan, rasa kasih sayang, dan ukhu(ah islamiyah di antara kami.

Ya Allah dzat yang maha pengampun,

Ampunilah dosa dan kesalahan kami, ampunilah dosa dan kesalahan kedua orangtua kami, ampunilah dosa dan kesalahan guru-guru kami, serta ampunilah dosa dan kesalahan para pemimpin kami. lindungi kami, bangsa dan negara kami. bimbing kami agar senantiasa berada dalam "jalan yang Engkau ridhai.

Kabulkanlah permohonan kami ini Ya Allah,

رَبَّنَآ ءَاتِنَا فِى ٱلدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِى ٱلْـَٔاخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ

Amiin.

5. Teks Doa Hari Kartini

Bismillahirrahmanirrahim

الْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ حَمْدًا شَاكِرِينَ حَمْدًا يُوَافِي نِعْمَهُ وَيُكَافِي مَزِيْدَهُ يَا رَبَّنَا لَكَ الْحَمْدُ كَمَا يَنْبَغِي لِجَلاَلِ وَجْهِكَ الْكَرِيمِ وَعَظِيْمِ سُلْطَانِكَ اللَّهُمَّ أَعِنَّا عَلَى ذِكْرِكَ وَشُكْرِكَ وَحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Penyayang,

Kami mohon kepada-Mu ya Allah, terimalah persembahan dharma bhakti para pahlawan ksatria kusuma bangsa yang telah gugur dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan bangsa kami, ampunilah mereka, lipat gandakanlah pahala atas keikhlasan mereka, dan tempatkanlah mereka di surgaMu bersama para syuhada dan para nabi dan rasul- Mu.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa,

Jadikan keteladanan para pahlawan, sebagai modal kami merawat bangsa Indonesia dan landasan untuk menjaga, memelihara dan memperkokoh persatuan dan semangat kami dalam membangun negeri ini. Curahkanlah kami keikhlasan, sebagaimana para pahlawan meniaga martabat bangsa Indonesia. Hiasi diri kami dengan perilaku terpuji dan nilai-nilai pengabdian dan kepahlawanan, serta jauhkan diri kami dari sifat dan perilaku yang tercela.

Ya Allah, Tuhan Yang Maha Memberi Petunjuk,

Sadarkan hati kami sebagai generasi penerus, bahwa kemerdekaan yang kami nikmati hari ini adalah hasil jerih payah, cucuran keringat dan tetesan air mata serta tumpahan darah para pahlawan. Oleh karena itu ya Allah, tunjukkan kami jalan yang benar, jalan yang telah ditempuh oleh para pahlawan kami dan berilah kami kekuatan dan petunjukMu dalam melanjutkan perjuangan mereka untuk mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur, sejahtera lahir batin di bawah maghfirah dan rahmat-Mu.

Ya Allah, jadikanlah peringatan Hari Kartini ini sebagai momentum membangkitkan semangat pahlawan di dada kami untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa kami.

Ya Allah, Yang Maha Pengampun,

Ampunilah segala kesalahan dan dosa kami, dosa orang tua kami, guru-guru kami, para pemimpin kami, serta para pahlawan kami, Engkau Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhirati hasanah waqina 'adzabannar. Wa shallallahu ala sayyidina muhammadin wa ala alihi wa shohbihi ajmain walhamdulillahi rabbil alamin.

Itulah kumpulan teks doa yang dapat dibaca pada saat peringatan Hari Kartini pada 21 April 2024 besok. 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS