Wujud Syukur Nikmat Sumber Air, 5 Desa di Tuban Adakan Sedekah Bumi di Pemandian Bektiharjo

Reporter : Muhammad Nurkholis 

blokTuban.com - Sebagai wujud bersukur kepada Tuhan atas berkah sumber air yang melimpah warga dari 5 Desa di Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, lakukan tradisi sedekah bumi di Pemandian Bektiharjo, Rabu (1/5/2024).

Ada 5 desa yang ikut dalam acara ini yaitu desa-desa yang turut memanfaatkan sumber mata air di pemandian Bektiharjo, seperti Desa Bektiharjo, Semanding, Prunggahan Wetan, Prunggahan Kulon dan Tegalagung.

Kepada blokTuban.com juru kunci Pemandian Bektiharjo, Hartono (71) mengatakan jika tradisi ini sebagai bentuk rasa syukur pada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan sumber mata air yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. 

“Sebagi rasa syukur masyarakat atas sumber air disini,” ujar Hartono kepada blokTuban.com.

Lebih lanjut Hartono juga menjelaskan jika tradisi sedekah biki ini telah dilaksanakan sejak lama dan terus turun temurun dan dijaga hingga saat ini.

“Tradisi ini sudah sejak dahulu, dan terus kuta pertahankan,” imbuhnya.

Dalam acara yang wajib dilakukan pada hari Rabu Pon ini, tak ada ritual khusus. Masyarakat yang datang di Pemandian Bektiharjo, hanya akan membawa nasi berkatan dan berkumpul untuk kemudian didoakan, dan kemudian nantinya berkatan tersebut akan saling ditukar dengan warga satu dengan yang lainnya.

Sartika dewi (35) warga Bektiharjo mengatakan jika kegiatan sedekah bumi ini sebagai bentuk syukurnya atas berlimpahnya sumber mata air Bektiharjo.

“Sebagai bentuk syukur dan berdoa kepada Tuhan uhan,” ujarnya.

Wanita asli Bektiharjo ini juga mengatakaan jika manfaat air di pemandian Bektiharjo sangat banyak baginya seperti untuk memasak, mandi dan mencuci.

“Airnya sangat bermanfaat buat kehidupan sehari-hari,” pungkasnya. [Nur/Dwi]

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS