Tim U-23 Indonesia Gagal Lolos ke Olimpiade Paris 2024 Usai Dikalahkan Guinea 0-1

Reporter : Dwi Rahayu 

blokTuban.com - Tim nasional sepak bola U-23 Indonesia harus menelan kekalahan 0-1 dari Guinea dalam laga play-off Olimpiade 2024 di Stade Pierre Pibarot, Prancis, pada Kamis (9/5).

Gol tunggal Guinea tercipta pada menit ke-29' melalui tendangan penalti yang dieksekusi oleh Ilaix Moriba setelah Witan Sulaeman melakukan pelanggaran di kotak penalti.

Meski begitu, Indonesia tidak menyerah begitu saja. Mereka mampu memberikan tekanan kepada Guinea dengan peluang yang didapat. Pada menit ke-14, sepakan Rafael Struick nyaris berbuah gol, namun sayangnya masih melebar.

Upaya tersebut terus dilakukan Indonesia. Pratama Arhan mencoba peluang pada menit ke-16, tetapi kiper Guinea, Soumaila Sylla, mampu mengamankan gawangnya.

Pada menit ke-40, giliran Marselino yang mendapat kesempatan, tetapi tendangannya masih melenceng dari sasaran. Di penghujung babak pertama, Ernando Ari, kiper Indonesia, berhasil menggagalkan peluang Bah Algassime.

Skor 1-0 untuk keunggulan Guinea bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Indonesia berusaha keras untuk menyamakan kedudukan. Pada menit 67, Marselino hampir saja mencetak gol, tetapi usahanya masih belum membuahkan hasil.

Pada menit 72, drama terjadi ketika Alfeandra Dewangga dianggap melakukan pelanggaran di kotak penalti. Wasit memberikan penalti kedua untuk Guinea, yang sayangnya tidak dimanfaatkan dengan baik oleh Algassime Bah.

Keputusan wasit memicu protes keras dari tim Indonesia, bahkan pelatih Shin Tae-yong akhirnya harus dikeluarkan dari lapangan dengan kartu merah.

Meskipun demikian, skor tetap 0-1 untuk keunggulan Guinea hingga peluit panjang dibunyikan. Dengan hasil tersebut, Timnas Indonesia belum miliki kesempatan untuk melanjutkan ke Olimpiade Paris 2024.

Guinea, sementara itu, akan bergabung dengan tuan rumah Prancis, Amerika Serikat, dan Selandia Baru di Grup A Olimpiade 2024. Cabang olahraga sepak bola putra akan berlangsung dari 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang.

 

Susunan pemain:

Indonesia: Ernando Ari, Muhammad Ferarri, Komang Teguh, Nathan Tjoe-A-On, Bagas Kaffa, Ivar Jenner, Marselino Ferdinan, Pratama Arhan, Jeam Kelly Sroyer, Rafael Struick, Witan Sulaeman

Guinea: Ibrahima Diakite, Soumaila Sylla, Mohamed soumah, Saidou Sow, Issiaga Camara, Maadiou Keita, Ilaix Moriba, Aguibou Camara, Algassime Bah, Ousmane Camara, Facinet Conte. 

[Dwi/Ali]