Resep Tongkol Bumbu Woku Menu Mantab Bikin Nagih

Oleh: Dwi Rahayu

blokTuban.com - Lauk tongkol woku terbuat dari tongkol ikan yang dimasak dengan bumbu woku, yang merupakan bumbu khas Sulawesi yang kaya rempah-rempah. 

Untuk memasak tongkol ikan dipotong menjadi potongan-potongan dan kemudian dimasak dengan bumbu woku. Potongan tongkol ini seringkali masih melekat pada tulangnya untuk memberikan cita rasa yang lebih kaya.

Sedangkan bumbu woku ini terdiri dari campuran rempah-rempah seperti bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, jahe, kunyit, serai, daun jeruk. Semua bumbu ini dihaluskan atau diiris tipis dan dimasak bersamaan dengan ikan tongkol.

Bahan-bahan
5 potong ikan tongkol
10 siung bawang merah
30 cabai merah keriting
3 cm jahe
1-2 tomat merah kecil
4 ikat daun kemangi
10 lembar daun jeruk
4 serai
Secukupnya garam
Secukupnya gula pasir
Secukupnya penyedap rasa
1/4 tepung terigu/ beras
Minyak goreng untuk menumis
Secukupnya air

Cara Membuat
1. Bersihkan tongkol, balur dengan tepung terigu/ beras, lalu goreng setengah matang. Cuci daun kemangi lalu petik daunnya.
2. Haluskan bawang merah, cabe merah keriting, jahe, tomat merah
Buang tulang daun jeruk, iris halus 5 daun jeruk, 5 daun jeruk sisanya biarkan utuh.
3. Iris halus serai bagian putih, yang hijau dikeprek
4. Panaskan minyak goreng, tumis bumbu halus, daun jeruk, serai sampai harum. Masukkan tongkol goreng, aduk rata, tambahkan air, masak sampai mendidih.
5. Masukkan daun kemangi, garam, gula pasir, penyedap rasa lalu aduk rata kembali masak sampai kemangi layu dan air agak menyusut. Angkat dan hidangkan.

 

 

Temukan konten blokTuban.com menarik lainnya di GOOGLE NEWS