Ribuan Calon Jemaah Haji Tuban Ikuti Bimbingan Manasik Haji Massal Kedua

Reporter : Savira Wahda Sofyana 

blokTuban.com - Ribuan Calon Jemaah Haji (CJH) Kabupaten Tuban mengikuti bimbingan manasik haji kedua di Gedung Graha Sandya Kecamatan Merakurak, Kabupaten Tuban, yang diselenggarakan oleh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat. 

Kepala emenag Kabupaten Tuban, Umi Kulsum, menyatakan bahwa bimbingan ini adalah persiapan untuk pelaksanaan haji 2024 pada 13 Mei 2024 mendatang. 

"Manasik haji massal pertama telah dilakukan, dan manasik haji massal kedua dilaksanakan untuk membimbing CJH dalam melakukan praktek umroh wajib dan pelaksanaan haji secara lengkap," ujarnya, Kamis (2/5/2024). 

Sebelumnya, CJH Kabupaten Tuban telah mengikuti 16 kali bimbingan manasik di KBIH dan 6 kali pemantapan di Kantor Urusan Agama (KUA) di masing-masing kecamatan. 

Umi berharap manasik haji massal kedua ini adalah yang terakhir, dan ia juga berharap agar para CJH dapat melaksanakan ibadah haji dengan mandiri tanpa ketergantungan pada siapapun saat di tanah suci. 

"Jumlah jemaah haji yang akan berangkat tahun 2024 ini adalah 1.163 orang, terdiri dari 543 laki-laki dan 620 perempuan," Imbuhnya. 

Setelah menerima teori, Umi berharap para CJH dapat mempraktekkannya sesuai dengan syariat Islam dan aturan yang telah diberikan oleh pembimbing, agar nantinya saat di tanah suci, mereka dapat melaksanakan ibadah haji dengan mandiri. 

Salah satu CJH, Fada, merasa bersyukur bisa berangkat ke tanah suci tahun ini dan telah mempersiapkan diri dengan baik. 

"Termasuk dalam hal memahami manasik dan persiapan pakaian ihram serta menghafalkan doa-doa," tandasnya.[Sav/Ali]